RINCIAN BIAYA PEMBUATAN WEBSITE

cost websiteKalau kita sudah merencanakan untuk membuat sebuah website tentunya kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik, termasuk menyiapkan berapa jumlah anggaran yang harus kita keluarkan. Tentu saja kita harus mengetahui secara pasti, mencari informasi berapa sebetulnya dana yang harus dikeluarkan untuk membuat sebuah website, mulai dari nol sampai dengan selesai (online).

Ada banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi dalam hal membuat sebuah website. Rincian biaya pembuatan website harus benar-benar kita pikirkan dan kita persiapkan agar nantinya kita bisa membuat sebuah website sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Kita harus membeli nama domain, kita juga harus mengeluarkan biaya untuk menyewa web hosting, dana juga harus kita anggarkan untuk merancang disain dan lay out, pengembangan website sampai dengan pembuatan kontennya juga harus kita pikirkan biayanya.

Di bawah ini diuraikan rincian biaya pembuatan website, mulai yang pertama hingga yang terakhir, sampai online :

Ø     Domain.

supaya bisa diakses secara online sebuah website wajib memiliki domain. Domain bisa diperoleh dengan dua cara. Yang pertama dengan membeli domain yang masih baru, yang masih belum didaftarkan, yang kedua dengan membeli domain yang sudah pernah dipakai, yang sudah terdaftar sebelumnya. Biaya yang harus kita keluarkan untuk membeli domain baru kurang lebih seratus ribu rupiah. Sistem pembayarannya tahunan, bisa per satu tahun, tiga tahun dan seterusnya. Harga domain bervariasi, tergantung jenis apa yang kita pilih. Kita bisa menggunakan .com, .net, .org, .di dan .co.ig. Dua nama domain terakhir membutuhkan persyaratan yang lebih. Jika kita ingin domain kita usianya panjang maka kita harus mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Ø     Web Hosting.

Hal penting lainnya dalam pembuatan sebuah website adalah web hosting, yang digunakan sebagai media penyimpan segala macam file yang ditampilkan pada website, seperti teks, gambar, kode sumber, media dan lain sebagainya. Hosting terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Shared Hosting, VPS dan Cloud Hosting. Kita harus bisa memilih web hosting yang paling sesuai supaya seimbang dengan dana yang sudah kita keluarkan.

Ø     Disain, Pengembangan Dan Konten.

Dalam membuat website apakah menggunakan disain yang sudah ada atau yang baru. Biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dan juga lebih cepat pembuatannya jika kita memakai disain yang sudah tersedia sebelumnya. Kalau anda membutuhkan gambar untuk mendukung website anda maka anda tinggal menambah biayanya, nantinya disainer yang akan mengatur segala sesuatunya. Contoh pengembangan adalah blog. Kalau contoh dari konten adalah jumlah halaman website.

Dalam hal membuat website, kita harus mengeluarkan biaya-biaya untuk semua hal yang sudah disebutkan di atas tadi. Karena semuanya saling berhubungan, tidak bisa dipisahkan.