Cara Mudah Buat Website Online Shop melalui Startup E-Commerce

E-CommerceBuat werbsite online shop itu sebenarnya gampang-gampang susah. Kenapa demikian, tentu ada alasannya. Online shop atau online store bukan lagi hal baru di tanah air. Saat ini dapat kita temui beragam jenis online store kapanpun kita berselancar di dunia maya. SEO management yang dijalankan oleh pemilik online store kadang membuat website kategori e-commerce ini muncul di urutan teratas hasil pencarian yang kita lakukan di mesin peramban yang kita jalankan.

 

Setidaknya ada dua kategori untuk online store ini. Yang pertama online store yang berada dan bergabung dalam satu marketplace online yang sering kita sebut dengan startup business e-commerce seperti hijup, mataharimall dan sejenisnya. Yang kedua online store yang berdiri sendiri dan mempunyai domain tersendiri. Untuk online store yang berada dalam satu marketplace startup business e-commerce, dia harus bisa bersaing dengan online store lainnya yang tak jarang memiliki jenis barang dagangan yang sama. Maka, pemilik online store harus bersiap sedia untuk berperang harga dan memberikan layanan sebaik mungkin kepada calon pelanggan. Pada dasarnya, online marketplace ini tidak ubahnya sebuah pasar yang diangkat ke dunia maya. Pedagang tidak perlu lagi pusing untuk mencari calon pembeli, akan tetapi perlu bersiap untuk bersaing dengan sesama pedagang di pasar tersebut. Tentu saja, persaingan harus dilakukan dengan wajar. Melalui platform marketplace, buat website online shop menjadi lebih mudah. Pemilik online store tidak perlu untuk membuat desain online store dari awal. Untuk dapat melakukan transaksi jual beli, calon pedagang hanya harus mendaftarkan diri ke startup business e-commerce tersebut. Tentu saja calon pembeli pun akan melakukan hal yang sama. Berbeda dengan calon pembeli yang bertujuan untuk berbelanja ketika mendaftar, maka calon penjual bertujuan untuk memasarkan produk maupun jasa yang akan diperdagangkannya. Setelah mendaftar dan memiliki akun, maka calon pedagang dapat melakukan input untuk jenis barang maupun jasa yang ditawarkan. Termasuk didalamnya akan diberikan pilihan dalam sistem transaksi pembayaran maupun pengiriman barang.

 

Karena marketplace ini merupakan satu platform e-commerce yang diperuntukkan untuk banyak orang, maka pengelola e-commerce akan memberikan jaminan keamanan dalam bertransaksi, termasuk dalam hal ini adalah pemberian rating bagi pemilik online store dibawah naungannya. Rating ini didasarkan pada harga, kesesuaian produk dengan gambar yang dipajang, hingga product packaging selama pengiriman barang. Seperti sebuah pasar pada umumnya, platform marketplace juga menganggap bahwa pembeli adalah raja. Sehingga, apabila pembeli merasa pelayanan yang diberikan oleh pemilik online store itu kurang memuaskan, maka rating online store tersebut dapat diturunkan. Meskipun rating ini mungkin tidak berdampak pada visibilitas online store tersebut, tetapi rating ini dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan terhadap kualitas pelayanan. Dengan demikian ada kelebihan serta kelemahan tersendiri dari startup e-commerce buat website online shop.