Cara Membuat Website Resmi dan Profesional Untuk Pendidikan

website pendidikanCara membuat website resmi untuk lembaga pendidikan, seperti TK, sekolah dasar, sekolah menengah, pesantren dan universitas harus diketahui oleh pengelola serta tenaga didik saat ini. Sebab, promosi melalui brosur dan spanduk telah ditinggalkan serta diganti ke sosial media dan website. Selain itu, dengan memanfaatkannya, lembaga pendidikan bisa meningkatkan hubungan antara pihak sekolah dengan siswa dan wali murid.

Membuat Website Pendidikan

Merancang website pendidikan tidak boleh sembarangan, harus memperhatikan beberapa hal berikut:

Memilih Platfom Terpercaya

Penting untuk memilih platform pembuatan situs yang aman dan terpercaya. Sebab, ada beberapa kasus yang terjadi akibat kesalahan seseorang ketika menyewa jasa developer tanpa badan usaha yang jelas. Seperti, website tiba-tiba hilang, tidak bisa diakses atau diperpanjang di tahun berikutnya karena pihak terkait pindah alamat, berganti nomor telepon dan lain-lain.

Supaya mendapatkan platform yang tepat, pertimbangkan harga, paket dan fasilitas yang diperoleh. Selain itu, cari tahu lah apakah platform tersebut mempunyai legalitas sah atau tidak.

Konsultasikan Desain Template

Sesuaikan tema dengan lembaga pendidikan yang dikelola supaya mampu menarik perhatian siswa maupun calon siswa. Jika merasa kebingungan, konsultasikan pada rekan-rekan Anda. Dengan demikian, bisa didapatkan komposisi warna dan foto yang proporsional.

Tambahkan Konten dan Informasi

Supaya situs tidak terkesan sepi, Anda harus menambahkan beberapa informasi berikut:

               Tentang sekolah, memuat sejarah, visi dan misi, struktur manajemen serta berbagai hal tentang lembaga pendidikan terkait.

               Kurikulum, memberikan informasi mengenai kurikulum yang digunakan di sekolah.

               Jenjang pendidikan, berisi informasi tentang jenjang pendidikan yang dilaksanakan.

               Staf pengajar, memberi informasi tentang staf pengajar beserta mata pelajaran yang menjadi tanggungjawabnya.

               Prestasi siswa dan guru, memuat prestasi yang pernah didapat oleh siswa maupun guru.

               Fasilitas dan prasarana sekolah, menyebutkan fasilitas yang disediakan untuk para siswa.

               Kegiatan ekstrakurikuler, memberi informasi mengenai aktifitas yang dilakukan di luar jam pelajaran dan diikuti oleh siswa, seperti sepak bola, basket, tari serta masih banyak lagi.

               Galeri foto, menampilkan potret-potret kegiatan di sekolah.

Informasi lain yang bisa dimunculkan pada website adalah kalender pendidikan, biaya pendidikan, lokasi dan kontak sekolah serta prosedur pendaftaran.

Mempunyai Fitur-fitur yang Menunjang Promosi Website

Situs untuk lembaga pendidikan tak hanya berisi konten dan foto-foto saja, tapi juga memiliki fitur yang bisa mendukung promosinya. Misalnya, video dan download modul pembelajaran serta formulir pendaftaran siswa baru. Fitur itu sangat penting untuk menarik calon murid dan orang tua yang mencarikan sekolah untuk sang anak.

Diharapkan dengan informasi tersebut, Anda bisa menghasilkan situs yang bermanfaat. Tapi, pastikan untuk menerapkan cara membuat website resmi dengan benar.