Cara Membuat Website dengan Joomla

website joomlaBagi yang sudah biasa menggunakan platform lain untuk membuat website, membuat website dengan Joomla mungkin akan terasa janggal. Walaupun begitu jangan takut, cara membuat website dengan Joomla tidak terlalu sulit.

Hal pertama yang perlu diingat sebelum membuat website dengan Joomla adalah perlu adanya persiapan terlebih dahulu. Persiapan ini adalah memiliki dan mendaftarkan domain website serta sudah memiliki tempat web hosting untuk website.

Domain adalah alamat dan nama utama dari website. Domain harus diusahakan singkat, mudah diingat, menunjukkan konten isi website dan berakhir dengan (dot)com, (dot)net ataupun (dot)org. Setelah mendapatkan ide apa domain yang akan dipakai, daftarkan domain pada website registrasi domain. Website registrasi domain biasanya memerlukan biaya dan contoh dari website ini adalah BlueHost dan HostGator sebagai pilihan jika dibutuhkan pula web hosting.

Berikutnya adalah mencari platform untuk web hosting. Web hosting adalah tempat menaruh data untuk di post di internet. Website yang belum memiliki web hosting tidak akan bisa ditampilkan di internet.

Saat memilih web hosting perhatikan hal seperti kecepatan akses dan juga kualitas pelayanan konsumennya. Untuk web hosting yang baik pelayanan konsumen harus cepat jika misal ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi pada website, contohnya terserang virus ataupun hacker. Jasa penggunaan web hosting merupakan jasa berbayar yang harus dilunasi perbulan. Untuk penggunaan web hosting yang relatif murah, aman, mudah diakses dan juga memiliki pelayannan yang baik cobalah menggunakan BlueHost.

Setelah domain dan web hosting siap tinggal melakukan langkah – langkah berikut sebagai cara membuat website dengan Joomla:

  • Download dan install Joomla.

Jika menggunakan BlueHost, membuat website dengan Joomla akan lebih mudah. Pada halaman akun pengguna, setelah registrasi domain dan web hosting selesai maka akan ada menu untuk memilih platform pembuat website seperti Joomla ataupun WordPress. Pilih Joomla dan lakukan instalasi. Jika tidak menggunakan BlueHost, Joomla bisa di download di websitenya. Tapi perlu diingat jika manual, ada beberapa langkah tambahan yang harus diambil dan lebih rumit walau ada keterangan bagaimana melakukannya di website Joomla.

  • Melakukan pengaturan tampilan.

Untuk tampilan ini pengguna perlu mencari template dan tema di internet untuk web. Setelah mendapatkan penampilan yang diinginakan dan di-download, upload file compress atau zip yang di download ke Joomla. Setelah selesai di-upload, pengguna akan menemukan tema dan template tersebut di menu Extensions > Template. Pengguna dapat mengambil banyak tema dan template lalu upload semuanya ke Joomla untuk keperluan pilihan. Pengguna dapat mengganti tema dan template setiap saat dari menu yang sama.

  • Mengisi website dengan konten

Jika instalasi dan pengaturan sudah dilakukan tinggal mengisi website dengan konten. Joomla bisa diisi kontennya menggunakan kode HTML dan CSS walau tidak harus. Pengisian dengan kode ini akan memberikan pengaturan yang lebih fleksible dalam membuat konten.

Joomla merupakan platform pembuat website yang terkenal lebih advance dibandingkan WordPress, namun bagi pengguna yang mengerti tentang platform ini, feature Joomla terasa lebih bebas dalam membuat website. Bisa dibilang cara membuat website dengan Joomla meminta kemampuan lebih dari penggunannya tapi akan memberikan bentuk website yang lebih berkualitas.