CARA MEMBUAT SITUS ONLINE

situs onlineDunia internet bisa memberikan kemudahan bagi banyak orang, salah satunya adalah memperkenalkan usaha baru yang akan dijalaninya lewat situs online. Dengan adanya situs, kita bisa mengenalkan apa yang ada di diri kita. Situs juga bisa menjadi ajang komunikasi yang sangat intens antara suatu pihak dengan pihak yang lain.

Mengungkapkan cita-cita kita juga bisa dilakukan melalui situs yang kita miliki. Situs milik kita sendiri ini juga bisa kita jadikan ajang untuk berekspresi sebebas mungkin, tanpa ada batasan. Situs ini sudah kita anggap sebagai rumah kita sendiri.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara membuat situs online secara gratis, karena tidak semua orang bisa membuatnya. Kalaupun pada akhirnya bisa, harus ditunjukkan terlebih dahulu cara-caranya atau langkah-langkah atau tahapan-tahapannya baru kemudian kita bisa mengikutinya.

Berikut di bawah ini beberapa tahapan atau langlah atau cara membuat situs online secara gratis yang bisa kita ikuti dengan mudah :

  • Pertama-tama kita harus menentukan apa tujuan kita membuat situs online.

Tujuan pembuatan situs online akan berkaitan sangat erat dengan jenis layanan yang nantinya akan kita pakai. Kita bisa memilih salah satu dari empat tujuan dari pembuatan situs online pada umumnya, yakni yang digunakan sebagai blog, sebagai toko online, sebagai porto folio online personal dan sebagai porto folio online perusahaan.

  • Cara yang kedua adalah menentukan platform online yang sesuai.

Kita bisa memilih salah satu layanan platform yang paling cocok dari beberapa yang sudah tersedia yang sudah pasti didasarkan pada tujuan kita membuat situs online. Layanan platform online bisa kita cari di Google.

  • Langkah yang ketiga adalah mempelajari fitur yang tersedia untuk pengguna yang disediakan secara gratis.

Fitur pertama yang harus dipelajari adalah nama domain. Karena gratis kita harus menerima apapun nama domain platform yang sudah disediakan. Fitur yang kedua adalah jumlah konten yang bisa dimasukkan.

  • Tahapan yang keempat adalah mulai membuat situs online.

Pertama-tama terlebih dahulu kita harus mendaftarkan diri kita dengan cara membuka platform online yang diinginkan. Yang kedua kita harus memilih template situs yang paling cocok. Jika di lain waktu kita merasa kurang cocok lagi dengan template yang sudah kita pilih ini, kita bisa menggantinya. Terakhir untuk membuat situs selain memasukkan nama domain kita juga bisa menginput data-data yang lain.

  • Tahapan yang kelima atau yang terakhir adalah pemeliharaan.

Di tahapan yang terakhir ini kita bisa memasukkan berbagai konten lainnya, seperti tulisan dan foto. Renovasi juga diperlukan supaya situs online kita bisa lebih indah dipandang mata. Setelah itu kita bisa mengundang beberapa teman untuk mengintip situs kita. Inilah yang dimaksud dengan pemeliharaan.