Cara Bikin Website Toko Online dan Step-step yang Harus Dipahami

onlineshopCara bikin website toko online harus dikuasai oleh pebisnis yang ingin memasarkan produknya melalui internet. Pasalnya, peluang usaha ini cukup menjanjikan dan tidak bisa dianggap sebelah mata. Terbukti dengan banyaknya orang yang telah mendapatkan keberhasilan dengan menjalankan toko online. Meski promosi dapat dilakukan lewat media sosial dan platform lain, tapi dengan adanya website akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk yang diperdagangkan.

Cara Membuat Situs Online Shop

Sebagian orang masih enggan beralih ke digital marketing. Alasannya karena mereka belum paham cara membuat website. Padahal, langkah-langkah yang perlu diterapkan sangat sederhana, seperti:

Memilih Domain Website

Pikirkan nama yang mudah diingat serta dilafalkan. Misalnya, toko online menjual aneka fashion wanita berukuran jumbo, maka dapat menggunakan domain fashionbigsize.com. Tapi, Anda juga bisa melupakan keyword pada alamat website, asalkan memenuhi dua kriteria yang telah disebutkan. Selain itu, trademark brands harus dihindari karena Anda bisa dituntut oleh pemiliknya.

Mempersiapkan Hosting

Setelah mengantongi alamat situs, langkah berikutnya adalah menyiapkan hosting. Bagi yang belum tahu, hosting merupakan penyimpanan data-data yang dibutuhkan oleh sebuah website, berupa e-mail, file, gambar, script, aplikasi dan database yang dapat diakses melalui internet. Mengenai hosting sendiri, terdapat dua jenis layanan yang disediakan, yaitu gratis dan berbayar.

Menerapkan Template

Ini berhubungan dengan tampilan toko online Anda. Jadi, harus dipertimbangkan secara matang karena mempengaruhi kenyamanan pengunjung ketika menjelajahi website. Saat ini, banyak bermunculan template-template yang bisa diterapkan pada situs, baik gratis maupun premium. Template gratis bisa diunduh dari website penyedia, sedangkan untuk yang berbayar harus dibeli dengan nominal tertentu. Tapi, Anda akan memperoleh beragam kelebihan serta template yang up to date.

Menentukan Metode Pembayaran

Pastikan toko online memiliki metode pembayaran yang efisien. Misalnya, melayani transaksi melalui bank lokal, kartu kredit, supermarket dan sebagainya. Setidaknya, bank lokal menerima pembayaran dari 2-3 jenis bank. Sementara bila menggunakan metode kedua, upayakan situs Anda terjamin keamanannya supaya pelanggan lebih nyaman melakukan aktifitas jual-beli.

Mempromosikan Website

Ketika situs online shop sudah dilaunching, Anda bisa melaksanakan promosi lewat iklan gratis atau berbayar. Untuk mendukung hal tersebut, Anda perlu menguasai teknik pemasaran, branding serta sosial media. Selanjutnya, optimalkan website dengan cara meninjau produk yang paling dicari konsumen. Sebagai contoh, apabila toko online menjual produk kecantikan, maka audiencenya adalah wanita yang berusia antara 18-24 tahun dan 25-34 tahun, bekerja serta mempunyai penghasilan.

Dengan memahami sifat pelanggan atau demographic dan psychographic, akan memudahkan dalam menargetkan penjualan.

Tidak sulit, bukan? Supaya cara bikin website toko online bisa diterapkan dengan lebih sederhana, Anda perlu mempelajari dasar-dasar membangun situs terlebih dulu.