Bagaimana Cara Membuat Website Sendiri Untuk Menghemat Pengeluaran

hematMemiliki website sangat penting bagi Anda yang memulai usaha. Tapi sayangnya harga pembuatan website bisa dibilang tidak murah bagi kantong wiraswasta yang baru saja ingin memulai bisnis. Maka dari itu di sini kami akan memberi tahu bagaimana cara membuat website sendiri agar Anda bisa menghemat modal usaha.

Persiapan

Tetapkan tujuan Anda dalam membuat website. Apakah website hanya untuk memperkenalkan produk atau sekaligus untuk transaksi jual beli? Buatlah rencana apa yang Anda inginkan ada di dalam website Anda. Katalog produk? Artikel berita? Blog? Atau video? Carilah inspirasi dari berbagai website yang Anda temukan di internet. Pilihlah desain website yang sesuai dengan kemampuan Anda. Kumpulkan semua materi yang ingin Anda posting dalam website seperti gambar atau video produk, widget, konten, profil usaha beserta informasi narahubung sehingga nanti setelah desain sudah jadi Anda tinggal memposting semua materi ini.

Membuat website

Untuk membuat website Anda butuh alat bantu. Yang paling praktis adalah Anda menggunakan software membuat website yang banyak dijual bebas. Dengan software ini Anda tinggal melakukan penyesuaian dan mungkin sedikit coding. Kekurangan dari menggunakan software adalah desain, menu dan template sudah ditentukan oleh penyedia software jadi Anda tidak bebas berkreasi membuat desain website yang sesuai dengan keinginan Anda.

Selain menggunakan website opsi selanjutnya adalah Anda menggunakan platform gratis seperti WordPress atau Joomla. Platform ini menyediakan template dan plugin gratis yang bisa digunakan oleh Anda untuk mendesain website. Sayangnya pilihan template dan plugin gratis ini jumlahnya terbatas. Anda harus membayar jika Anda ingin template dan plugin yang lebih kompleks.

Cara ketiga adalah mendesain website dari nol. Jika Anda jago dalam hal HTML dan CSS, kenapa Anda masih menggunakan cara-cara di atas. Aplikasikan keahlian Anda untuk membuat website dari nol. Cara ini juga dapat membantu Anda menilai kemampuan coding Anda sebenarnya seperti apa.

Usahakan website yang Anda buat ini mobile friendly juga. Sekarang kebanyakan orang lebih memilih menggunakan internet dengan smartphone daripada laptop. Jika website Anda hanya bisa dibuka lewat laptop, bayangkan berapa juta orang klien pengguna smartphone yang akan melewatkan website Anda. Makanya Anda perlu membuat website yang bersifat mobile friendly juga.

Registrasi website

Jika desain website Anda sudah jadi, registrasikan website Anda di domain yang Anda sukai dan pilih web hosting yang sesuai dengan besarnya konten website Anda.

Tes dan luncurkan

Lakukan test terlebih dahulu untuk melihat apakah ada lag dalam proses loading, apakah website Anda berjalan dengan mulus. Jika hasil pemeriksaan memuaskan barulah Anda bisa meluncurkan website kepada publik. Tidak susah bukan mengaplikasikan bagaimana cara membuat website sendiri? Semoga berhasil.